Sunday, May 29, 2016

Tips Cerdas Memilih Niche untuk Blog Kamu

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat sebuah website baru hal pertama yang perlu kamu putuskan aalah berkaitan dengan niche blog yang akan kamu terapkan. Niche disini maksudnya adalah tema seperti apa yang akan kamu bahas saat blog sudah dibuat.

Pemilihan niche yang tepat akan berdampak positif terhadap perkembangan blog yang kamu kelola. Salah dalam memilih akan fatal akibatnya. Tidak sedikit para blogger yang akhirnya memutuskan menghentikan kegiatan bloggingnya karena dari awal salah dalam memilih niche blog.

Tips Memilih Niche untuk Blog Kamu


Seperti yang disinggung pada judul artikel saya kali ini, yaitu tips memilih niche blog. Nah niche atau tema blog yang cocok untuk kamu bangun adalah sesuatu yang ada kaitannya dengan keahlian kamu dan kamu suka dengannya.

Saya bisa jamin jika kamu membangun sebuah blog yang didalamnya berisikan postingan-postingan yang sekiranya kamu suka, perasaan bosan dan jenuh bisa terkurangi, bahkan bisa sampai 100%. Bagaimana kita bosan? toh kita melakukan sesuatu sesuai dengan hobi yang kita miliki, disini kita sedang bersenang-senang menuangkan ide-ide yang membludak didalam otak kita ke dalam blog.

Berbeda jika kita memaksakan menulis artikel dengan niche yang tidak kita kuasai. Waduh mau nulis saja pasti sengsara, orang diotaknya kosong gak ada sedikitpun pengetahuan tentangnya. Yang ada malah gurusak gurusuk buka buka situs lain buat keperluan referensi.

Sebenarnya boleh sih, cuman. . . masa ide artikelnya berasal dari luar semua, mana ide pribadi kamu?

Kembali ke topik, saat kita menulis artikel yang kita ahli dibidangnya. Paling tidak ada begitu banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan beberapa diantaranya:
  • Kita bisa menulis sebanyak kita mau
  • Menulis menjadi terasa menyenangkan
  • Tidak terbebani
  • Kita seperti seorang ahli profesional yang sedang berbagi pengetahuan
  • Kualitas artikel akan lebih bagus dan bermutu
  • Artikel akan menjadi lebih kaya
  • Satu hari bisa memposting lebih dari 5 Artikel
Nah itu baru sedikit lho, sebenarnya masih ada lagi cuman ga bakalan mungkin ditulis semua.  Hehe...

Walaupun ada begitu banyak keuntungan dengan menulis artikel yang sesuai dengan niche yang kita sukai, tetapi dibalik itu semua pasti ada saja kekurangannya. Apa itu? Jika kamu memutuskan memonetize blog dengan adsense, nilai CPC dari niche kamu berkemungkinan kecil.

Baca juga: 4 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Oleh Blogger Pemula

Lho kok bisa? Iya bisa. Soalnya setiap niche dengan keyword tertentu memiliki nilai HPK berbeda-beda. Untuk Indonesia, iklan berjenis teknologi, kesehatan dan bisnis memiliki nilai HPK yang cukup tinggi. Tapi tidak untuk niche diluar itu, seperti pendidikan, sosial dan lain-lain.

Lha terus bagusnya gimana nih? Milih niche yang HPK nya gede atau niche yang sesuai dengan keahlian kita? Saya sarankan tetap menggunakan niche yang sesuai dengan keahlian. Kita bisa melipat gandakan penghasilan dengan memperbanyak jumlah artikel yang terdapat pada blog. Dengan kuantitas yang banyak maka kesempatan mendatangkan visitor pun akan meningkat dan ini akan semakin meningkatkan pula jumlah klik iklan disitus kita.

Daripada memilih niche yang tidak kita kuasai, nulisnya aja malas. Kadang baru 30 atau 40 artikel saja udah jenuh, apalagi disuruh nulis samapi ratusan. Wah bakal sengsara donk. Bukannya mendapatkan $$$ yang ada malah sakit hati.

Hmm. . . Mungkin sekian saja artikel kali ini, semoga tulisan robot bisnis online yang berjudul  Tips Memilih Niche untuk Blog Kamu bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Jangan lupa baca juga artikel tentang 5 Alasan Kenapa Bisnis Affiliasi Clickbank Gurih.


1 comment:

  1. If you are looking for an excellent Cost Per Sale ad network, I recommend that you take a peek at ClickBank.

    ReplyDelete

Copyright © 2015 Robot Bisnis Online